Pengunjung

Pengikut

Jumat, 30 Maret 2012

PENEMUAN DAN SIFAT RADIOAKTIF POLONIUM DAN RADIUM, MARIE CURIE


Marie Curie Skłodowska (7 November 1867 - 4 Juli 1934) adalah seorang fisikawan Perancis Polandia-lahir dan kimia terkenal karena karyanya tentang radioaktivitas. Dia adalah seorang pionir dalam bidang radioaktivitas dan orang pertama dihormati dengan dua Hadiah Nobel-dalam fisika dan kimia.
Ia dilahirkan Maria Skłodowska di Warsawa (kemudian di Vistula Tanah, Kekaisaran Rusia, sekarang di Polandia) dan tinggal di sana sampai dia berusia dua puluh empat. Pada tahun 1891, dia mengikuti kakaknya Bronisława untuk belajar di Paris, di mana dia memperoleh derajat nya lebih tinggi dan melakukan pekerjaan berikutnya ilmiah nya. Dia mendirikan Lembaga Curie di Paris dan Warsawa. Suaminya Pierre Curie bersama dia hadiah Nobel dalam fisika. Putrinya Irène Joliot-Curie dan anak-dalam-hukum, Frédéric Joliot-Curie, juga berbagi hadiah Nobel. Dia adalah satu-satunya pemenang Hadiah Nobel 1911 untuk Kimia. Curie adalah wanita pertama yang memenangkan Hadiah Nobel, dan dia adalah perempuan hanya untuk memenangkan penghargaan di dua bidang yang berbeda dan orang hanya untuk memenangkan beberapa penghargaan di bidang ilmu pengetahuan.

Prestasinya termasuk penciptaan teori radioaktivitas, teknik untuk mengisolasi isotop radioaktif, dan penemuan dua elemen baru, polonium dan radium. Di bawah arahnya, studi pertama di dunia dilakukan dalam pengobatan neoplasma (kanker) dengan menggunakan isotop radioaktif.
Sedangkan warga negara Perancis yang setia aktif, dia tidak pernah kehilangan rasa nya identitas Polandia. Ia menamai unsur kimia baru pertama bahwa ia menemukan polonium (1898) untuk negara asalnya, dan pada tahun 1932 ia mendirikan Institut Radium (sekarang Maria Skłodowska-Curie Institute of Oncology) di kota rumahnya, Warsawa, dipimpin oleh dia dokter kakak Bronisława.

Polonium adalah suatu unsur kimia dengan lambang Po dan nomor atom 84, ditemukan pada 1898 oleh Marie Skłodowska-Curie dan Pierre Curie. Unsur langka dan sangat radioaktif, polonium secara kimiawi mirip dengan bismuth dan telurium, dan itu terjadi pada bijih uranium. Polonium telah dipelajari untuk digunakan mungkin dalam pemanas pesawat ruang angkasa. Karena tidak stabil, semua isotop polonium yang radioaktif. Ada ketidaksepakatan mengenai apakah polonium merupakan logam transisi atau pasca-metalloid.
33 isotop polonium telah dikenal, yang semuanya bersifat radioaktif. Mereka memiliki massa atom yang berkisar 188-220 u. 210Po (paruh 138,376 hari) adalah yang paling banyak tersedia. 209Po (paruh 103 tahun) dan 208Po (paruh 2,9 tahun) dapat dilakukan melalui proton, alpha, atau bombardemen deuteron timbal atau bismut dalam suatu siklotron.
210Po adalah pemancar alfa yang memiliki paruh 138,376 hari, tetapi meluruh langsung ke putri isotop stabil, 206Pb. Sebuah miligram 210Po memancarkan sekitar sebagai partikel alfa banyak per detik sebesar 4,5 gram 226Ra. Sebuah beberapa curie (1 curie sama 37 gigabecquerels, 1 Ci = 37 GBq) dari 210Po memancarkan cahaya biru yang disebabkan oleh eksitasi udara disekitarnya. Satu gram dari 210Po menghasilkan 140 watt. Karena itu memancarkan partikel alfa banyak, yang berhenti dalam jarak yang sangat singkat di media padat dan melepaskan energi mereka, 210Po telah digunakan sebagai sumber panas ringan ke sel listrik thermoelectric di satelit buatan, misalnya, sumber panas 210Po juga digunakan dalam setiap pesawat penemu Lunokhod ditempatkan pada permukaan Bulan, untuk menjaga komponen internal mereka yang hangat selama malam bulan. Beberapa kuas anti-statis berisi hingga 500. microcuries (20 MBq) dari 210Po sebagai sumber partikel bermuatan untuk menetralisir listrik statis pada bahan-bahan seperti film fotografi.
Sekitar satu dari 100.000 emisi alfa menyebabkan eksitasi dalam inti yang kemudian mengakibatkan emisi sinar gamma., Karena tingkat yang relatif tinggi emisi alpha., Hanya sekitar 1 dari 100.000 hasil dalam merilis sebuah sinar gamma. Tapi itu adalah partikel alpha, bukan efek samping dari sinar gamma sesekali, yang menghasilkan peluruhan 210Po. Rendah output membuat deteksi gamma gamma hampir mustahil, dengan gamma yang dipancarkan hampir tidak bisa dibedakan dari radiasi latar belakang. Pada 4,001 u, partikel alpha terlalu besar untuk menembus hambatan paling, termasuk epidermis manusia utuh. Jika kulit rusak tetapi, atau pemancar alfa yang tertelan atau dihirup, biaya tinggi pada partikel alpha akan mengakibatkan kerusakan sel yang parah. Peluruhan alpha deteksi tinggi membuat alpha polonium sebagai metode disukai mengukur isotop ini di laboratorium.

Polonium adalah unsur radioaktif yang ada dalam dua alotrop logam. Bentuk alfa memiliki struktur kristal sederhana kubik dengan panjang tepi 335,2 picometres; bentuk beta rombohedral. Struktur polonium telah ditandai dengan difraksi sinar-X dan difraksi elektron.
210Po (yang sama dengan 238Pu) memiliki kemampuan untuk menjadi udara dengan mudah: jika sampel dipanaskan dalam udara 55 ° C (131 ° F), 50% nya adalah menguap dalam 45 jam, meskipun titik leleh polonium adalah 254 ° C (489 ° F) dan titik didih 962 ° C (1763 ° F). Lebih dari satu hipotesis ada untuk bagaimana polonium hal ini;. satu saran adalah bahwa kelompok kecil adalah atom polonium spalled off oleh peluruhan alpha.

Sifat kimia polonium adalah mirip dengan telurium dan bismut. Polonium mudah larut dalam asam encer, tetapi hanya sedikit larut dalam basa. The PoH2 senyawa hidrogen cair pada suhu kamar (titik lebur -36,1 ° C, titik didih 35,3 ° C). Halida PoX2 struktur, PoX4 dan PoX6 dikenal. Kedua oksida PoO2 dan PoO3 adalah produk dari oksidasi polonium.
Telah dilaporkan bahwa beberapa mikroba dapat methylate polonium oleh aksi methylcobalamin. Hal ini mirip dengan cara di mana merkuri, selenium dan telurium merupakan alkohol pada makhluk hidup untuk menciptakan senyawa organologam. Sebagai hasil ketika mempertimbangkan biokimia satu polonium harus mempertimbangkan kemungkinan bahwa polonium akan mengikuti jalur biokimia yang sama seperti selenium dan telurium.

Radium (putar / reɪdiəm / RAY-dee-əm) adalah unsur kimia dengan nomor atom 88 diwakili oleh simbol Ra. Ini adalah logam alkali tanah hampir putih murni, tetapi mudah mengoksidasi pemaparan pada udara, menjadi warna hitam. Semua isotop radium sangat radioaktif, dengan isotop yang paling stabil dari radium-226, yang memiliki paruh 1601 tahun dan meluruh menjadi gas radon. Karena ketidakstabilan tersebut, radium adalah luminescent, itu mengeluarkan warna biru samar.
Radium, dalam bentuk klorida radium, ditemukan oleh Marie Skłodowska-Curie dan Pierre Curie pada tahun 1898. Mereka diekstraksi senyawa radium dari uraninit dan mempublikasikan penemuan di Akademi Ilmu Pengetahuan Perancis lima hari kemudian. Radium diisolasi dalam keadaan logam dengan Curie dan André-Louis Debierne melalui elektrolisis radium klorida pada tahun 1910. Sejak penemuannya, telah memberikan nama-nama seperti C2 radium A dan radium untuk beberapa isotop unsur-unsur lain yang produk peluruhan radium-226.
Di alam, radium ditemukan dalam bijih uranium dalam jumlah jejak sekecil ketujuh gram per ton uraninit. Radium tidak diperlukan untuk organisme hidup dan efek yang merugikan kesehatan mungkin jika dimasukkan ke dalam proses biokimia karena radioaktivitas dan reaktivitas kimia.

Penamaan Radium tanggal untuk c. 1899, dari Prancis 'Radium', dibentuk pada Modern Latin dari bahasa Latin Radius 'ray', yang disebut kekuasaan atas memancarkan energi dalam bentuk sinar.

Radium (Latin radius, ray) ditemukan oleh Marie Skłodowska-Curie dan suaminya Pierre pada tanggal 21 Desember 1898 di bijih-bijih uranium berasal dari Bohemia Utara, di Republik Ceko (daerah sekitar Jáchymov). Sementara belajar bijih-bijih uranium, Curie dihapus uranium dari itu dan menemukan bahwa bahan sisa masih radioaktif. Mereka kemudian memisahkan campuran radioaktif sebagian besar terdiri dari barium yang memberikan warna nyala cemerlang hijau dan merah garis-garis spektral carmine yang belum pernah didokumentasikan sebelumnya. Curie mengumumkan penemuan mereka pada Akademi Ilmu Pengetahuan Perancis pada tanggal 26 Desember 1898.
Pada tahun 1910, radium diisolasi sebagai logam murni oleh Curie dan André-Louis Debierne melalui elektrolisis solusi radium klorida murni dengan menggunakan katoda merkuri dan penyulingan dalam suasana gas hidrogen.
Radium pertama kali diproduksi industri di awal abad ke-20 oleh Biraco, sebuah anak perusahaan dari Uni Minière du Haut Katanga (UMHK) di pabrik Tane di Belgia. UMHK ditawarkan kepada Marie Curie gram pertama radium.

Secara historis produk peluruhan radium radium dikenal sebagai A, B, C, dll sekarang dikenal isotop dari unsur-unsur lain sebagai berikut:
Isotop
Pancaran   radium    222Rn
Radium        A         218Po
Radium        B         214Pb
Radium        C         214Bi
Radium        C1       214Po
Radium        C2       210Tl
Radium        D         210Pb
Radium        E         210Bi
Radium        F         210Po

Pada 4 Februari 1936 E radium menjadi unsur radioaktif pertama yang dibuat secara sintetis di AS. Dr John Jacob Livingood di laboratorium radiasi di University of California, Berkeley telah membombardir beberapa elemen dengan deuteron 5-MeV. Dia mencatat bahwa bismut memancarkan iradiasi elektron cepat dengan waktu paruh 5 hari ... perilaku Radium E.
Satu unit untuk radioaktivitas, curie, adalah berdasarkan radioaktivitas 226Ra.
Walaupun radium yang tidak juga dipelajari sebagai barium homolog stabil ringan, kedua elemen mempunyai sifat yang sangat mirip. pertama mereka dua energi ionisasi yang sangat mirip: 509,3 dan 979,0 kJ · mol-1 untuk radium dan 502,9 dan 965,2 kJ · mol-1 untuk barium. angka yang rendah seperti hasil reaktivitas tinggi baik elemen 'dan pembentukan ion Ra2 sangat stabil + dan mirip Ba2 +.
radium murni adalah logam berwarna putih perak, meleleh pada 700 ° C (1292 ° F), dan mendidih pada 1737 ° C (3159 ° F), juga sangat dekat dengan orang-orang dari barium. Radium memiliki densitas sebesar 5,5 g • cm-3; radium-barium rasio kepadatan sebanding dengan radium-barium perbandingan massa atom, sebagai elemen-elemen ini sudah sangat mirip struktur berpusat badan kubik.
Radium adalah logam alkali tanah terberat; sifat kimianya sebagian besar mirip dengan barium. Saat terkena udara, radium bereaksi keras dengan itu, membentuk nitrida radium,  yang menyebabkan menghitam ini logam putih. Seperti logam alkali tanah, radium bereaksi hebat dengan air dan minyak untuk membentuk hidroksida radium dan sedikit lebih tidak stabil daripada barium.
Radium tidak memiliki isotop stabil, namun empat isotop radium yang hadir dalam rantai peluruhan, memiliki massa atom 223,, 224 226 dan 228, yang semuanya hadir dalam jumlah jejak. Yang paling banyak dan yang terpanjang-hidup adalah radium-226, dengan paruh 1601 tahun. Sampai saat ini, 33 isotop radium telah disintesis, mulai jumlah massa 202-234.

1 komentar:

Mail mengatakan...

Mantaffff infonya gan!
KEEP IT!
junk lupa visit backnya!
http://ismail-zone.blogspot.com/
http://ismail-zone.blogspot.com/
http://ismail-zone.blogspot.com

http://ismail-zone.blogspot.tk